Cara Menjodohkan Lovebird Yang Baik dan Benar

Lovebird adalah jenis burung sosial yang hidup berkelompok. Nama lovebird diberikan karena para ahli burung memperhatikan bahwa sepasang lovebird akan saling berdekatan dan saling mencintai, juga melihat betapa setianya burung ini karena hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya atau dengan kata lain setia sampai mati.

Jika Anda tertarik memelihara lovebird, caranya mudah. Investasi awal tidak tinggi, tetapi hasilnya luar biasa. Lovebird mudah dirawat, dan bisnis pemeliharaan lovebird tidak sulit atau melelahkan.

Berikut rangkuman cara menjodohkan lovebird dari berbagai sumber yang dihimpun Pengicau.net.

Cara Menjodohkan Lovebird

Lovebird anakan yang berusia satu bulan terlihat di kandangnya di sebuah kompleks perumahan di Pondok Arum, Karawaci, Tangerang. Dalam sebulan burung ini bisa bertelur 10 sampai 60 butir tergantung kondisi cuaca.

1. Melihat musim kawin burung Lovebird

Untuk mencari pasangan lovebird, anda perlu mengetahui musim kawinnya, karena setiap jenis lovebird memiliki musim kawin yang berbeda. Lovebird berwajah peach kawin pada bulan April, Oktober, dan Februari hingga Maret.

Tiga jenis lovebird yang diketahui ada. Ini adalah Lovebird Fiscer, Lovebird Masked, dan Lovebird Golden-naped. Lovebird Fiscer berkembang biak selama musim kemarau atau musim dingin (Januari sampai Juli). Mengetahui kapan musim kawin mereka akan membantu Anda mencocokkan mereka secara efektif dan menjebak mereka dengan sukses.

2. Kenali ciri-ciri burung Lovebird yang siap kawin

Lovebird jodohkan akan memberikan indikasi yang unik. Perhatikan ini untuk memastikan bahwa burung anda sudah siap dijodohkan. Bagi pemula, penting sekali untuk mengetahui ciri-ciri kapan lovebird siap dijodohkan. Catatlah pertanda berikut ini dan pastikan apakah burung anda

  • Lovebird yang sedang pacaran sering ingin bersama/ingin didekatkan walaupun dalam kandang terpisah
  • Lovebird jantan suka bertingkah seperti pahlawan dengan memberi makan pasangan betinanya.
  • Biasanya yang betina akan siap menikah sedangkan yang jantan akan menunggu di belakang.
  • Suara lovebird akan berkicau satu sama lain untuk menarik perhatian dan mendekat saat musim kawin.

3. Kenali yang mana jantan dan mana betina

Mencocokkan lovebird adalah kesalahan pemula yang sangat penting dan umum. Banyak orang gagal dalam memasangkan lovebird karena tidak tahu mana yang jantan dan mana yang betina.

Terkadang kita bisa tertipu untuk berpikir bahwa dua burung dengan jenis kelamin yang sama adalah pasangan. Misalnya, kita mungkin menempatkan seekor burung jantan ke dalam sangkar burung jantan atau menempatkan seekor burung betina bersama dengan betina lainnya.

4. Proses menjodohkan burung Lovebird

Ketika berbicara tentang lovebird, ada banyak cara untuk masalah muncul. Dalam proses pencocokan ini, gender menjadi isu. Ada banyak cara untuk menjodohkan lovebird, biasanya orang memilih dengan seleksi alam menggunakan sangkar besar yang diisi banyak pasangan lovebird.

Proses ini disebut perjodohan koloni dan mudah bagi pemula karena lovebird akan menemukan pasangannya sendiri sesuai dengan keinginannya. Metode perjodohan ini sangat direkomendasikan untuk pemula karena sangat efektif dan praktis.

Leave a Comment