Apa Itu Laporan Stok Barang, Manfaat dan Bagaimana Caranya?

Hadirnya software akuntansi telah memberi kemudahan kepada setiap perusahaan dagang untuk membuat laporan stok barang otomatis. Selain itu, keberadaan gudang penyimpanan barang menjadi bagian penting untuk laporan stok barang untuk ditempatkan sebelum di jual atau didistribusikan.

Tentunya, untuk menyimpan barang-barang tersebut harus ada pencatatan buku stok barang sebagai bentuk pengelolaan dan monitor ketersediaan barang tersebut. Catatan-catatan buku stok barang inilah yang biasanya dijadikan ke dalam bentuk contoh laporan stok barang

Laporan stok barang otomatis maupun manual memiliki fungsi utama untuk mencatat secara rinci jumlah barang dari masing-masing jenisnya yang ada di gudang perusahaan.

Maka dari itu kegiatan membuat pencatatan pembukuan keluar masuk barang harus dengan sangat tepat, ditujukan agar perusahaan dapat mengontrol pencatatan buku stok barang supaya tidak terjadi selisih dan salah perhitungan.

Apa Itu Laporan Stok Barang?

Pada laporan stok barang adalah suatu pencatatan buku stok barang yang nantinya disimpan untuk kepentingan perusahaan dan produk akan tercatat jika menjual atau membeli produk dalam periode mendatang.

Membuat laporan stok barang ini juga tidak hanya untuk barang yang sudah jadi saja, namun juga berlaku pada barang yang setengah jadi, atau bahkan bahan mentah menjadi bahan baku.

Pada laporan stok barang yang persediaannya sudah jadi tentu akan disimpan dan dijual oleh perusahaan. Namun dalam mencatat buku stok barang yang setengah jadi atau bahan mentah nantinya akan disimpan dan diproses menjadi barang jadi untuk dijual.

Dalam membuat laporan stok barang juga harus selalu mengontrol stok barang hingga tidak ada kesalahan perhitungan dan kemacetan dalam menjual barang atau proses produksi, dan kinerja perusahaan juga tidak terhambat.

Apa Saja Manfaatnya?

Sebagaimana telah dibahas di atas, contoh laporan stok barang dibuat untuk merinci jumlah barang yang ada di gudang sebagai perhitungan sistem inventory. Namun lebih jauh, berikut beberapa manfaat utama dari laporan stok barang:

  • Untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang persediaan barang.
  • Untuk menyediakan informasi dalam mengambil keputusan untuk menambah atau mengurangi persediaan barang dalam pemenuhan kebutuhan usaha.
  • Menjamin persediaan dan kemungkinan akan kesalahan stok, kerusakan, kehilangan, dan penyelewengan oleh oknum yang bertindak nakal.
  • Memenuhi kebutuhan pelanggan dengan persediaan barang yang terkelola baik.
  • Memudahkan pendistribusian barang.

Apa Saja Kesalahan Dalam Mencatat Laporan Barang?

Adapun kesalahan dalam mencatat dan membuat contoh kartu stok barang yaitu :

1. Tidak Rutin Dalam Menghitung Stok Barang Persediaan

Ketika Anda membuat contoh kartu stok barang namun jarang menghitung persediaan tersebut, maka masalah tersebut bisa semakin rumit. Contohnya stok persediaan bahan mentah menipis, hal ini dapat membuat manajemen tidak menyadari bahwa proses produksi menjadi terhambat. Sehingga perusahaan tidak memiliki keuntungan yang didapat dalam periode tersebut.

2. Tidak Tersusun Rapi Dalam Penyimpanan

Yang menyebabkan laporan stok barang yang rumit yaitu tidak tersusun rapi persediaan yang disimpan. Sehingga ruangan menjadi berantakan dan perhitungan barang menjadi sulit bahkan mudah hilang jika tidak diperhatikan.

3. Membuat Tabel Stok Barang Cara Manual

Adanya pembuatan tabel stok barang secara manual ini akan membuat kesalahan perhitungan lebih tinggi, serta kesalahan stok opname pada barany yang tidak terdata atau hilang.

Dengan melakukan pencatatan dari contoh kartu stok barang akan berguna bagi perusahaan, karena hal ini tentunya dapat meningkatkan proses kinerja perusahaan. Selain itu bisa dilakukan pengelolaan secara rutin tanpa hambatan proses produksi.

Cara Mudah Membuat Laporan Barang Melalui Software Akuntansi Harmony

Pencatatan laporan stok barang melalui tabel stok barang yang secara manual sudah sangat lama digunakan dan masih banyak yang menggunakannya.

Namun, kini berbagai perusahaan sudah mulai beralih dengan contoh stok barang otomatis, maka berikut ini cara membuat tabel stok barang melalui software Harmony sebagai berikut.

Membuat laporan stok barang otomatis saat ini sudah bisa dilakukan karena perkembangan ilmu teknologi. Aplikasi untuk membuat laporan stok barang otomatis bahkan bisa diintegrasikan langsung dengan perangkat-perangkat lain yang saling berhubungan.

Aplikasi laporan stok barang keluar masuk saat ini ada yang berbasis desktop dan berbasis website. Dari sekian banyak aplikasi stok barang, software atau aplikasi yang paling direkomendasikan untuk Anda adalah software akuntansi Harmony.

Software akuntansi di era modern sangat penting dalam mendukung laporan keuangan dan laporan stok barang otomatis perusahaan Anda. Laporan stok barang otomatis perusahaan Anda akan mudah dibuat dan tentunya Anda akan segera mengetahui jika ternyata terjadi ketidaksesuaian terhadap stok barang di gudang.

Selain itu pada tim stok barang akan mengisi jumlah hitungan barang didalam lembar yang telah disediakan. Kemudian dalam hasil perhitungan tersebut akan di input ke dalam aplikasi stok barang seperti Microsoft Excel untuk membandingkan dengan stok versi aplikasi program. Sehingga ketika terjadi selisih maka dapat dilakukan pengecekan ulang atau penyesuaian persediaan.

Dengan melakukan pengecekan ulang sebaiknya Anda juga harus menerapkan sistem administrasi dan dokumentasi yang mampu memonitor informasi barang keluar, masuk, atau bahkan penambahan stok barang.

Jika perusahaan dapat memutuskan metode stok barang apa yang akan dipakai maka mencatat persediaan sudah bisa dilakukan secara rapi. Namun hal ini tentu menjadi kendala jika Anda melakukan pencatatan laporan stok barang secara manual, bahkan akan merepotkan kondisi jumlah barang Anda yang beragam.

Sebaiknya gunakanlah software pengelola stock barang untuk membantu mengotomatisasi kegiatan stock opname. Salah satu software yang dapat dimanfaatkan adalah Jurnal.id yang memberikan masa uji coba gratis selama 14 hari untuk pebisnis.

Jurnal dapat diakses di mana pun, kapan pun selama ada koneksi internet. Dengan Jurnal, pengguna dapat menikmati kemudahan dalam hal pembuatan invoice/faktur, pengecekan inventori hingga pembuatan laporan keuangan perusahaan dengan lebih mudah, cepat, aman, dan nyaman dengan data yang dapat diaksesĀ  secara realtime.

Cukup akses di halaman https://www.jurnal.id/id/fitur/produk-inventory/aplikasi-stok-barang/ atau melalui platform Android dengan download aplikasinya melalui PlayStore untuk mendapatkan layanan akuntan profesional secara gratis selama 14 hari.

Leave a Comment