3 Trik Mengajak Anak Menjaga Kebersihan Diri Dalam Tumbuh Kembangnya

Menjaga kebersihan merupakan kegiatan esensial yang perlu diterapkan di keseharian. Kebersihan mampu menjamin tubuh untuk sehat dan mengurangi kinerja tubuh dalam memerangi kuman yang masuk ke dalam tubuh. Kegiatan menjaga kebersihan sendiri bisa dilakukan untuk diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Sehingga anak juga perlu diajarkan untuk bisa membersihkan diri sendiri maupun lingkungannya. Jadi, saat belanja bulanan jangan lupa mampir ke toko yang jual Kodomo sebagai merk perlengkapan kebersihan anak.

Semasa tumbuh kembang anak, mengajarkan anak tentang pentingnya menjaga kebersihan merupakan kegiatan yang penting. Mengajarkan anak tentang menjaga kebersihan diri dan membiasakan perilaku hidup bersih bisa dilakukan melalui hal – hal kecil. Tentunya peran orang tua dalam memberikan contoh cukup krusial. Seperti menggosok gigi sebelum tidur misalnya. Orang tua perlu mencontohkan perilaku tersebut dan membiasakannya sedari anak memiliki gigi. Khusus anak balita, anda bisa mengunjungi gerai yang jual Kodomo untuk memberikan anak peralatan membersihkan diri yang lucu dengan beragam karakter.

Namun, mengajarkan kebersihan diri pada anak seperti mandi, sikat gigi, hingga mencuci tangan terkadang menjadi hal yang sangat sulit. Ada saja tingkah anak yang menolak melakukannya. Bila anda kewalahan dan bingung bagaimana mengajarkan anak membersihkan diri, berikut ada beberapa saran yang bisa anda lakukan dan terapkan :

1. Menciptakan suasana senang dan asyik

Saat mengajarkan anak tentang cara membersihkan diri, ada baiknya untuk mengajak dengan nada ceria dan riang. Mengajak anak untuk mencuci tangan misalnya, maka anda mengajak anak melakukan kegiatan tersebut dengan ceria dan juga atraktif seperti bermain busa dan sejenisnya. Bila mengajak anak dengan paksaan, maka anak akan cenderung semakin berontak dan tidak mau menurut.

Bila diperlukan anda, bisa mengunjungi outlet perlengkapan anak yang jual Kodomo atau merk lainnya sebagai daya tarik. Beberapa merk produk kebersihan anak seperti Kodomo biasanya memberikan mainan di dalam box produk mereka untuk mendukung anak lebih memperhatikan kebersihan.

2. Memberikan mainan sebagai teman mandi

Mandi menjadi kegiatan menjaga kebersihan diri yang tidak disukai anak. Biasanya anak tidak mau mandi karena ingin terus bermain. Ada baiknya memberikan hal atraktif untuk anak agar mau mandi. Anda bisa memberikan mainan pendamping seperti bath bomb yang kids friendly, bermain busa, beragam mainan air hingga menyediakan kolam renang portable. Dengan begitu anak menjadi berkeinginan untuk mandi. Beragam mainan pendamping anak mandi, bisa anda temukan di toko perlengkapan bayi.

3. Memberikan penjelasan pentingnya kebersihan

Alasan anak tidak mau melakukan kegiatan kebersihan diri adalah anak kurang paham urgensi melakukannya. Ada baiknya anda menjelaskannya disela waktu bermain dengan mereka. Anda bisa memberikan penjelasan secara afirmatif ataupun melalui kartun bergambar. Bahkan anda bisa memberikan info pentingnya kebersihan diri dengan menggunakan alat peraga. Bisa juga anda tambahkan gerakan membersihkan diri yang baik dan benar agar dicontoh anak.

Leave a Comment