Di era yang serba digital ini, hampir semua kegiatan manusia dilakukan secara online, mulai dari kegiatan jual beli barang dan jasa hingga investasi. Tidak ada pembeda antara investasi online dan offline, keduanya sama sebagai kegiatan penanaman modal dan juga aset yang memiliki keuntungan dalam jangka waktu yang panjang.

Tidak ada kerugian dalam melakukan investasi baik online maupun offline, karena berinvestasi bisa dijadikan sebagai simpanan untuk masa depan. Di jaman yang serba online ini, sebuah investasi juga menawarnakn investasi secara online dengan memberikan beberapa keuntungan kepada kita.

Beberapa jenis investasi online diantaranya adalah penanaman saham, reksadana dan simpanan emas. Namun disamping banyaknya keuntungan yang merupakan kelebihan tersendiri, investasi online juga memiliki kekurangan yang wajib kita ketahui sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Berikut kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan dari Investasi Online

Investasi online memiliki bebrapa kelebihan yang menjadi daya tarik tersendiri kepada masyrakat. Berikut kelebihan-kelebihannya.

Lebih Transparan

Kelebihan yang pertama yaitu berbagai aktifitas atau penawaran yang diberikan dapat kita lihat dengan gampang, karena berbagai hal seperti jenis investasi beserta nilai jualnya akan dipampang disitusnya. Dengan begitu kita akan dengan mudah membandingkan beberapa instrumen yang yang ditawarkan dengan investasi online lainnya.

Mudah dan Praktis

Kelebihan yang ke dua yaitu lebih mudah praktis. Karena investasi online ini dilakukan secara online atau tanpa tatap muka, jadi lebih praktis bagi kita yang tidak mempunyai waktu luang untuk datang langsung ke tempat invetasinya. Yang kita perlukan hanyalah hand phone dan juga koneksi internet saja, jadi bisa kita lakukan kapanpun dan dimanapun kita berada, bahkan di tempat kerja kita sekaligus.

Mudah Dalam Pemantauan

Karena dilakukan secara online, maka investor akan dengan mudah mengetahui dan mengecek banyaknya simpanan yang mereka miliki. Harga simpanan akan langsung bisa kita konversi dengn mudah sesuai dengan harga jual dan harga beli yang telah disepakati. Dengan begitu, kita akan lebih mudah dalam memantau investasi yang kita miliki.

Kekurangan Investasi Online

Selain memiliki banyak keunggulan, investasi online juga memiliki kekurangan yang harus kita ketahui. Beberapa kekurangan tersebut ialah

Peluang Terjadinya Penipuan

Kekurangan yang pertama adalah peluang terjadinya penipuan sangat tinggi dibandingankan dengan investasi secara offline, karena cara kerjanya tanpa tatap muka, sehingga hasil yang kita dapatkanpun hanya bisa kita lihat dalam bentuk digital saja, jadi kita tidak bisa melihat bahkan memengan secara langsung hasil yang kita dapatkan.

Jika kita mengharapkan bentuk fisik dari investasi kita, maka kita harus mencapai jumlah minimum penyimpanan terlebih dahulu sesuai dengan kesepakatan awal. Dengan begitu kita baru bisa memegang bahkan melihat secara langsung hasil dari investasi yang kita lakukan.

Tidak Mengetahui Pemilik atau Pekerjanya

Kekurangan selanjutnya, kita tidak dapat mengetahui pemilik bahkan para karyawan yang bekerja dibalik semua itu. Dalam sebuah hubungan kerja atau sejenis dengan investasi seperti ini, mengetahui partner kita sangatlah penting. Dengan mengetahui pemilik bahkan karyawannya, akan memudahkan kita dalam menilai bahkan mencari tahu kinerjanya.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari investasi online, kita akan lebih waspada lagi dalam melakukannya. Namun tidak perlu hawatir, dengan memilih investasi online yang tepat, seperti P2P Lending, kita akan dengan nyaman melakukan berbagai investasi.

By mastah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *